Business

Advertisements

Penjelasan Mengenai Jurnal Penutup | Simak Lengkapnya

NinoPedia.com – Ayat jurnal penutup adalah ayat jurnal yang dibuat untuk menutup akun nominal sementara pada akhir periode akuntansi. Lalu, bagaimana jurnal ditutup, elemen akun apa, bagaimana cara menghasilkan dan contoh yang benar-benar berfungsi?? Simak penjelasan blog Mekari di Jurnal.

Fase terakhir dari siklus akuntansi adalah menyiapkan ayat jurnal penutup. Entri penutup akan menjadi alat tinjauan terakhir jika bisnis, khususnya perusahaan perdagangan, hadir pada akhir periode akuntansi.

Dalam arti tertentu, jurnal penutup adalah jurnal input untuk laporan laba rugi ditahan untuk memastikan bahwa saldo yang kami laporkan pada laporan laba rugi adalah sama dan bahwa neraca sejalan dengan saldo akhir dari buku harian umum kami.



Apa itu Jurnal Penutup?

Ayat jurnal penutup adalah ayat jurnal yang dibuat untuk menutup akun nominal sementara pada akhir periode akuntansi. Saldo akun-akun ini akan menjadi 0 (nol) pada hasil periode akuntansi setelah penutupan ini.

Akun tertutup adalah akun nominal dan akun tambahan modal. Pendapatan dan beban adalah komponen yang terdiri dari akun nominal, sedangkan laba rugi pribadi dan ringkasan adalah akun modal tambahan.

Untuk mendapatkan penutupan yang lebih baik dari konstruksi dan pengoperasian jurnal, Anda dapat mengikuti pelatihan dan kursus online gratis di Universitas Mekari.

Universitas Mekari adalah penyedia layanan pendidikan teknologi untuk membantu pemilik perusahaan dan profesional meningkatkan kemampuan mereka.

Anda dapat memperoleh wawasan yang lebih dalam tentang manajemen keuangan, manajemen inventaris, administrasi SDM, dan teknik manajemen pajak bisnis di Universitas Mekari.

Tujuan dan Fungsi Jurnal Penutup

Beberapa fungsi jurnal penutup adalah sebagai berikut:

  1. Penutupan saldo termasuk dalam semua perkiraan sementara menjadi 0 (nol).
  2. Ini berarti bahwa saldo akun modal menampilkan ekuivalen pada akhir periode, sehingga saldo akun modal sam dengan jumlah akhir modal yang ditampilkan di neraca.
  3. Pisahkan transaksi dalam akun pendapatan dan pengeluaran agar tidak tercampur di tahun berikutnya dengan jumlah nominal pendapatan dan pengeluaran.
  4. Menyajikan neraca pada awal periode penutupan setelah buku-buku ditutup.
  5. Ini menyederhanakan pelaksanaan audit karena transaksi antara periode saat ini dan transaksi telah dipisahkan dalam periode akuntansi yang akan datang.
  6. Penyajian informasi keuangan perusahaan yang sebenarnya (nyata) setelah penutupan buku (closing journal). Akun lancar mencakup aset, kewajiban, dan ekuitas.

Membuat Ketentuan Akun Jurnal Penutup

Entri penutup digunakan untuk menutup berbagai akun, termasuk pendapatan, pengeluaran, ringkasan pendapatan/kerugian dan prive.

Entri penutup sebagai alternatif dapat digambarkan sebagai entri jurnal yang dibuat pada akhir periode akuntansi untuk saldo ke akun permanen dalam buku besar dari akun sementara atau nominal yang berbeda.

Ayat jurnal penutup dibuat pada saat persiapan akun keuangan tahunan. Ini memastikan bahwa saldo setiap akun pendapatan dan pengeluaran adalah 0 (nol) untuk memulai siklus akuntansi berikutnya, waktu baru di dalam bisnis.

Komponen-komponen dalam jurnal penutup adalah sebagai berikut:

1. Akun untuk pendapatan

Pengertian pendapatan adalah hasil atau pendapatan yang diperoleh perusahaan.

Pendapatan ada 2 macam, yaitu pendapatan yang berhubungan langsung dengan kegiatan usaha perusahaan dan pendapatan yang tidak langsung berhubungan dengan kegiatan usaha. Tutup semua akun pendapatan dengan memindahkan akun pendapatan ke akun untung/rugi.

2. Akun Biaya

Bagian selanjutnya dari ayat jurnal penutup adalah akun biaya. Definisi beban itu sendiri adalah pengorbanan yang dilakukan untuk memperoleh pendapatan sepanjang bisnis.

Ada dua macam akun pengeluaran, yaitu pengeluaran operasional yang merupakan pengorbanan langsung untuk pengeluaran perusahaan, dan pengeluaran lain yang tidak berkaitan dengan bisnis. Menutup semua akun pengeluaran ke rangkuman pendapatan/kerugian dengan memindahkan akun pengeluaran.

3. Ringkasan Laba/Rugi

Tutup semua akun ringkasan untuk laba/rugi dengan memindahkan saldo laba/rugi ke akun modal.

Ada dua kriteria di sini: untung (pendapatan di atas pengeluaran) atau rugi (pendapatan lebih kecil dari pengeluaran). Berikut adalah contoh kasusnya. Jika laba dibuat, akun jumlah laba/rugi harus didebit dan akun modal akan dikreditkan.

4. Akun Pribadi

Penutupan rekening pribadi (penarikan modal oleh pemilik, biasanya hanya terjadi pada perusahaan skala kecil). Caranya dengan memindahkan akun private ke akun modal.

Kesimpulan

Ayat jurnal penutup adalah ayat jurnal yang dibuat untuk menutup akun nominal sementara pada akhir periode akuntansi. Pendapatan dan pengeluaran adalah komponen yang terdiri dari akun nominal, sedangkan laba rugi pribadi dan ringkasan adalah akun modal tambahan.

Untuk mendapatkan liputan yang lebih baik tentang konstruksi dan pengoperasian jurnal, Anda dapat mengikuti pelatihan online gratis dari Universitas Mekari. Entri penutup digunakan untuk menutup berbagai akun, termasuk pendapatan, pengeluaran, ringkasan pendapatan/kerugian, dan keuntungan.

Pengertian pendapatan adalah hasil atau pendapatan yang diperoleh perusahaan. Ada dua macam akun pengeluaran, yaitu biaya operasional yang merupakan pengorbanan langsung untuk pengeluaran perusahaan, dan pengeluaran lain yang tidak berkaitan dengan bisnis.

Share:

Latest Post

Random Posts

Trending

Text

Baca Juga :

About US

Label

Arsip Blog

Featured Post

Cara Masuk Ke Hp Oppo Yang Terkunci Berikut Penjelasannya | NinoPedia.com

cara baca hp oppo yang terkunci NinoPedia.com - cara masuk hp oppo yang terkunci 3 Cara masuk Pola HP OPPO...