Gambar AI Viral, Getty Images dan Shutterstock Larang Penggunaan Kecerdasan Buatan di Situsnya

Tren pengolahan gambar menggunakan Artificial Inteligence (AI) bisa dikatakan tengah marak digunakan oleh pengguna internet.

Bahkan beberapa waktu lalu, publik digemparkan dengan kabar menangnya karya seni buatan AI generator yang memenangkan kontes Colorado State Fair pada awal September lalu.

Menanggapi maraknya gambar buatan komputer tersebut, Getty Images, sebagai salah satu penyedia stok fotografi terbesar di dunia pun buka suara.

Pihaknya mulai membatasi karya AI tersebut dengan mulai menghapus gambar yang dihasilkan oleh kecerdasan buatan dari situsnya.

Selain itu, Getty juga tidak lagi menerima pengiriman karya buatan AI.

Generator gambar AI populer seperti Dall-E, Stable Diffusion, dan Midjourney tidak akan lagi diizinkan di situs tersebut, seperti yang dikutip Tribunnews.com dari PetaPixel.

Contoh rekayasa karya seni menggunakan kecerdasan buatan di Dall-e
Contoh rekayasa karya seni menggunakan kecerdasan buatan di Dall-e (openai.com/dall-e-2/)

"Kami sudah mulai menghapus konten, tetapi ini akan menjadi upaya berkelanjutan dari tim kami," kata Craig Peters, CEO Getty Images, dalam sebuah pernyataan rilis email yang dibagikan pada hari Rabu (21/9/2022) waktu setempat.

"Untuk perpustakaan konten kreatif kami, kami memerlukan model dan rilis properti yang ditandatangani serta rilis biometrik untuk entitas yang terkandung dalam citra dan kami terus memanfaatkan proses dan teknologi peninjauan konten kami."

Peters menambahkan bahwa konten AI sudah "sangat terbatas" di perpustakaannya dan "sudah ada kontrol signifikan untuk penawaran editorial kami."

Shutterstock, perusahaan fotografi saham lainnya, tampaknya mengikuti jejak Getty.

Seperti halnya Getty, pihaknya juga mulai menghapus karya buatan AI dari situsnya juga, menurut laporan.

Sumber: TribunSolo.com Tags Getty ImagesShutterstockartificial intelligence (AI)Teknologi Artificial Intelligence (AI)kecerdasan buatan Berita Populer PROFIL Niluh Djelantik, Mundur dari NasDem Buntut Deklarasi Anies Baswedan Capres 2024 niluh-djelantik-anies-baswedan-surya-paloh.jpg BREAKING NEWS Update Covid-19 Indonesia Rabu, 5 Oktober 2022: Tambah 1.722 Kasus, 9 Meninggal ilustrasi-virus-corona8990.jpg IPW Sebut Ada 3 'Dosa' yang Dilakukan Dua Polantas Terkait Kasus Jilat Kue Ulang Tahun TNI  jilat-kue-tni.jpg Rizky Billar Terancam 5 Tahun Penjara, Polisi Sebut Bisa Mediasi jika Lesti Kejora Lakukan Ini rizky-billar-berencana-menunda-anak-kedua-hingga-empat-tahun-mendatang.jpg 4 Poin Pernyataan Ferdy Sambo: Tegaskan Putri Korban, Bunuh Brigadir J karena Cinta pada Istri ferdy-sambo-dan-putri-candrawathi-51022.jpg