Business

Advertisements

Ideologi Ekonomi Menjadi Pemicu Pembeda Nasib Ekonomi Korea

Selamat Datang di NinoPedia.comIdeologi Ekonomi Menjadi Pemicu Pembeda Nasib Ekonomi Korea - Pada pembahasan kali ini saya ingin membahas tentang uang Korea. Ketika mendengar kata Korea pasti terbayang budaya pop, drama korea, merk gadget yang banyak kita pakai, merk kosmetik dan perawatan kulit, atau makanan korea yang sudah sangat populer di Indonesia. 

Korea Selatan seperti yang kita kenal sekarang adalah negara yang sangat maju yang kaya akan inovasi teknologi dan juga industri kreatifnya. 



Ideologi Ekonomi Menjadi Pemicu Pembeda Nasib Ekonomi Korea

Namun tahukah Anda bahwa Korea yang merdeka dari penjajahan Jepang pada tahun 1945 pernah dianggap sebagai salah satu negara termiskin di Asia. 

Selain itu, beberapa tahun setelah kemerdekaan, Korea terlibat dalam perang saudara yang membelah negara itu menjadi dua, membagi Korea Utara dan Korea Selatan oleh dua ideologi politik dan ekonomi yang sangat berbeda. 

Bisa dibayangkan bahwa suatu bangsa yang telah berbagi suku, bahasa, budaya dan cara hidup yang sama selama ribuan tahun juga sama, akhirnya terbelah dua karena ideologi politik dan ekonomi.

Sejauh itu membuat keadaan negara benar-benar berbeda setelah beberapa dekade.

Maka pada pembahasan kali ini saya akan membahas faktor-faktor apa saja yang mampu membuat Korea Selatan menjadi negara yang sangat maju di era modern ini. 

Saya juga akan memberikan sedikit perbandingan seberapa besar perbedaan kondisi ekonomi Korea Selatan dan Korea Utara. 

Oke, sebelum saya melangkah lebih jauh, saya ingin memulai dengan disclaimer jika ada lebih banyak tentang perkembangan ekonomi Korea Selatan dalam diskusi ini, karena data ekonomi Korea Utara yang akurat sangat sulit didapat.

Berbicara tentang ekonomi Korea

mari kita mulai pembahasannya. Ketika kita berbicara tentang ekonomi Korea, pertama-tama kita harus menggambarkan secara singkat situasi politik dan juga negara pada awal fase kemerdekaannya. Setelah kemerdekaan, Korea melewati banyak cobaan yang paling menyakitkan. 

Tentu saja, perang saudaralah yang memecah bangsa Korea menjadi dua negara, Korea Utara dan Korea Selatan, dari tahun 1950 hingga 1953. 

Singkat cerita, Perang Korea memecah belah bangsa Korea karena perbedaan ideologi politik dan ekonomi.

Korea Utara dipimpin oleh keluarga Kim, yang menganut ideologi komunis dan didukung oleh negara-negara komunis lainnya di Blok Timur seperti Cina dan Uni Soviet. 

Sedangkan Korea Selatan yang dipimpin oleh Sing Nanri mendapat dukungan dari blok barat seperti Amerika, Inggris dan lain-lain. 

Sekarang kita dapat melihat bagaimana semua ideologi politik dan ekonomi dapat membuat suatu bangsa sangat berbeda dari sisi yang berbeda. 

Dari perspektif ekonomi, kita dapat melihat bahwa pertumbuhan Korea Selatan jauh melampaui saudara kandungnya di utara.

Dari segi budaya dan gaya hidup, tentunya kita juga bisa melihat bagaimana Jomplang modernitas di Korea Selatan.

Misalnya, dibandingkan dengan masyarakat Korea Utara yang masih terlihat sangat tradisional. dan jika kita lihat pada foto satelit kedua negara ini dapat terlihat betapa kontrasnya kehidupan kedua negara terkait ini pada malam hari.

Pencahayaan di korea selatan tersebar diseluruh penjuru negeri sedangkan di utara yang terlihat dari satelit hanya Pyongyang atau ibu kota Korea Utara. .

tapi percaya atau tidak Korea Selatan yang bersinar ini telah berkembang dalam keadaan yang sangat menyedihkan, karena hampir selalu berada di bawah tekanan dalam perang saudara Korea Selatan dan juga menderita kekalahan berturut-turut. 

Belum lagi Korsel juga dirugikan secara geografis karena berbatasan langsung dengan kedua negara yang dirugikan, namun dari segi politik, bahkan setelah berakhirnya Perang Korea, Korsel menghadapi urgensi politik yang ekstrim dengan Korsel.

Pemerintah Korea terus melakukan represi politik terhadap pemerintah oposisi hingga akhirnya terjadi kudeta. militer pada tahun 1961.

dimana Tentara Korea Selatan mengambil alih kekuasaan dari pemerintah Korea. Terlepas dari semua kontroversi politik, gerakan ekonomi utama Korea Selatan tidak dimulai sampai tahun 1961, setelah Park Chung-hee mengambil langkah pertamanya sebagai pemimpin baru dalam mengembangkan ekonomi Korea Selatan. 

Nah, menurut saya, ada empat faktor yang sangat berperan penting dalam kemajuan Korea Selatan. Yang pertama adalah penggunaan bantuan hibah dan juga pinjaman dari luar negeri.

Korea Selatan secara geografis lemah dan tidak kaya akan industri manufaktur besar seperti Korea Utara. 

Bisa dibilang dia tidak punya pilihan selain mencari bantuan pinjaman dari sekutu kaya Amerika. dan juga biaya kompensasi Jepang untuk pemukulan selama Perang Dunia II. 

Di sisi lain, Korea Selatan juga menerima kompensasi yang besar dari keterlibatan tentaranya dalam membantu Amerika selama Perang Vietnam. 

Di sinilah Korea Selatan memiliki modal untuk membangun negaranya.

Bagaimana Anda mendistribusikan dana? 

Kita sampai pada faktor kedua. Faktor kedua adalah gerakan pembangunan desa atau gerakan masyarakat baru yang dimulai pada tahun 1970-an. 

Jadi program ini merupakan gerakan nasional pemerintah yang sangat besar, tujuannya untuk mengurangi ketimpangan terstruktur dan ekonomi di berbagai daerah terpencil.

Dan setiap desa didukung dengan bahan bangunan seperti ratusan karung semen, baja dan dilepas untuk administrasi sesuai dengan kebutuhan infrastruktur masing-masing. atau.

desa menerima sumbangan semen dan besi, dan pada akhirnya berkembang sangat cepat. Menurut laporan Asian Development Bank, Gerakan Seluruh Rakyat memperluas 9.600 KM jalan yang sudah ada, membangun 1.600 KM jalan pedesaan, dan mengamankan 19.601 KM sungai. 

22.100 gudang dibangun dan 2.400.000 ubin rumah diganti. Yang istimewa dari gerakan pembangunan adalah desentralisasi. Artinya, pemerintah tidak banyak melakukan intervensi ke arah pembangunan.

Semua daerah diberikan otonomi dan kebebasannya masing-masing. karena mereka dianggap lebih mampu memahami kebutuhan daerahnya hingga, tentu saja, dari desa ke desa ke tahap kedua, yang berlangsung dari tahun 1974 hingga 1976, yang pusatnya adalah monumen perluasan sektor pertanian. 

Ketahan Pangan

dan juga ketahanan pangan. Akibatnya, produksi sawah di Korea Selatan meningkat dari 3,34 ton menjadi 4,94 ton per hektar. Selain industri pertanian, kerajinan sederhana juga berkembang pesat di berbagai desa.

dan dilanjutkan dari tahun 1977 hingga 1979 pada tahap ketiga, yang bertujuan untuk mengubah desa menjadi kota industri. Selama ini, Korea yang sebelumnya hanya bergantung pada pertanian, akhirnya mulai bertransformasi menjadi negara industri. 

Detail 679 Terdapat 492 pabrik kecil di berbagai pelosok tanah air, yang diakui kualitasnya oleh pemerintah, yang akhirnya terbantu untuk lebih berkembang menjadi barang ekspor yang menghasilkan $494 juta. 

Pada tahun 1990, ribuan kilometer jalan dibangun, jutaan rumah diperbaiki, dan koneksi pertanian untuk ketahanan pangan dibangun di berbagai daerah.

Hasil pertanian naik hampir 48 persen dan pabrik-pabrik kecil menambah ekspor senilai $494 juta. Anda bisa melihat laporan dari SN Development Bank di poin 5, ternyata secara tidak langsung berdampak signifikan. 

2 sektor modal atau kualitas sumber daya manusia. Orang Korea di berbagai sektor masyarakat tradisional, orang Korea di berbagai daerah terpencil akhirnya mendapatkan banyak keterampilan profesional. 

Memodernisasi pengetahuan masyarakat

juga memodernisasi pengetahuan masyarakat pedesaan di berbagai belahan Korea, meningkatkan kualitas sumber daya manusia di berbagai belahan negara.

Ini akhirnya menjadi aset terbesar Korea dalam membangun ekonomi modern yang disebut River of Yours, atau Keajaiban di Sungai Han. Sekarang kita sampai pada faktor ketiga, yaitu dukungan pemerintah. 

Buat kamu yang suka nonton drama Korea, istilah cebong mungkin sudah tidak asing lagi, seperti konglomerat atau keluarga super kaya di Korea. 

Ternyata cebong ini adalah kumpulan cerita fiksi drama Korea, namun selain memiliki pergerakan yang sangat sukses di berbagai daerah, cebong ini benar-benar menjadi bagian penting dalam sejarah perkembangan ekonomi di Korea Selatan.

Ternyata pemerintah Korea Selatan memberikan kesempatan dan dukungan seperti itu bagi keluarga bisnis yang membawa serta apa yang sekarang kita kenal sebagai Cebong. 

Di sisi lain, cebong juga berjanji untuk mematuhi semua perintah resmi. 

Perjanjian monopoli perdagangan dari pemerintah

dan juga sinergi dengan gerakan semu untuk melindungi berbagai area keluarga. Pengusaha cebong ini telah mendapat dukungan dana dan juga perjanjian monopoli perdagangan dari pemerintah. Anda juga harus tahu bahwa negara tidak terlalu mencampuri kegiatan bisnis keluarga para pebisnis ini.

Pada akhirnya, para pengusaha cebong mendapat untung. namun tetap menghormati peran pemerintah sebagai regulator dan penasihat arah bisnis mereka dengan kualitas sumber daya manusia yang terus meningkat seiring dengan gerakan awal unblocking. 

Pengusaha cebong ini juga mendapatkan tenaga terampil dari negaranya sendiri yang nantinya akan menjadi ahli dan arsitek dari lahirnya industri raksasa Korea yang terkenal di dunia seperti Samsung dan LG di industri elektronik, Hyundai dan Kia di industri otomotif.

Dusun Group di alat berat industri, dan konstruksi. sesuai SK di bidang industri kimia untuk bahan bakar dan energi serta telekomunikasi.

Budaya Pop Korea

Sekarang kita sampai pada faktor keempat yang sangat kita rasakan saat ini, yaitu gencarnya ekspansi budaya pop Korea di seluruh dunia selama 20 tahun terakhir. Ekonomi kreatif Korea berkembang sangat pesat

Mulai dari dunia entertainment seperti drama boy band atau manual girl band hingga industri. Permainan paddle pop korea seperti pariwisata, minat belajar bahasa korea untuk industri kuliner juga semakin diminati dari masyarakat global. 

ke sumber kekuatan ekonomi baru di Korea yang disebut sebagai Korean Wave dalam Laporan Yayasan Korea.

Pada tahun 2018, tercatat peminat budaya pop Korea di seluruh dunia mencapai 89.981.108, yaitu hanya 52 juta orang. Itulah empat faktor yang menurut saya menjadi katalisator. dari pertumbuhan ekonomi Korea yang pesat hingga potensi untuk menyalip Jepang. 

Dalam beberapa tahun terakhir, Korea terus menempati peringkat di antara pemimpin dunia dalam indikator kesejahteraan dan bahkan menjadi salah satu negara dengan harapan hidup tertinggi di dunia.

Beda Budaya Korea Utara dan Korea Selatan

ini sangat kontras dengan saudara-saudara mereka di Korea Utara, yang bahkan mengalami kelaparan parah di tahun 1990-an. karena kelaparan dan juga distribusi makanan yang efisien oleh pemerintah pusat. 

Dari sini kita bisa melihat ironi bagaimana sebuah bangsa yang telah hidup bersama selama ribuan tahun akhirnya menemui nasib yang sangat berbeda. hanya karena penerapan kebijakan ekonomi yang berbeda. 

Namun tentu saja Korea Selatan sendiri bukanlah negara yang sempurna, banyak potensi masalah yang muncul saat ini. 

Misalnya, dominasi keluarga cebong dikhawatirkan akan menghancurkan ruang inovasi industri UMKM di Korea dan pada akhirnya mengusik tren ketimpangan ekonomi yang berkembang di masyarakat Korea. 

Di sisi lain, ketergantungan ekonomi Korea pada segelintir keluarga wirausaha juga dianggap sebagai titik lemah perekonomian negara tersebut, misalnya Jack. Ketika krisis keuangan Asia meletus pada tahun 1970.

Pemerintah Korea Selatan terpaksa menghabiskan hampir 60 miliar penyihir untuk menyelamatkan bisnis cebong dari kebangkrutan.

agar dia tidak menyerang tugu suatu negara, tergantung pemerintah dan golongan pengusaha tertentu. 

Kesimpulan

Itulah Pembahasan mengenai Ideologi Ekonomi Menjadi Pemicu Pembeda Nasib Ekonomi Korea  - Sehingga menjadi pekerjaan rumah yang besar bagi pemerintah Korea Selatan kedepannya.

Bahkan jika kemajuan ekonomi Korea Selatan merupakan hal yang luar biasa untuk kita pelajari kedepannya. 

Tak bisa dipungkiri, bersama China, Korea Selatan akan menjadi rival baru Amerika di tingkat internasional.

Share:

Latest Post

Random Posts

Trending

Text

Baca Juga :

About US

Label

Arsip Blog

Featured Post

Cara Masuk Ke Hp Oppo Yang Terkunci Berikut Penjelasannya | NinoPedia.com

cara baca hp oppo yang terkunci NinoPedia.com - cara masuk hp oppo yang terkunci 3 Cara masuk Pola HP OPPO...