Business

Advertisements

Cara Menulis Daftar Pustaka Simak Lengkapnya | NinoPedia.com


cara menulis daftar pustaka

Cara Menulis Daftar Pustaka Secara Otomatis di Microsoft

NinoPedia.com - cara menulis daftar pustaka -

Penulisan Daftar Pustaka yang cakap terampil & sah 2021 - Aku Pintar

Daftar pustaka adalah suatu susunan tulisan di akhir sebuah karya asisten profesor yang isinya berupa nama penulis, judul tulisan, penerbit, identitas penerbit, dan tahun‚  Daftar pustaka adalah suatu susunan tulisan di akhir sebuah karya hipotetis yang isinya berupa nama penulis, judul tulisan, penerbit, identitas penerbit, dan tahun terbit. Daftar pustaka ini digunakan sebagai sumber atau rujukan seorang penulis dalam berkarya.

Keberadaan daftar pustaka menjijikkan penting guna menunjukkan bahwa suatu tulisan atau karya guru tidak hanya dibuat berdasarkan pemikiran orisinal seorang penulisnya saja, tetapi juga mendapat rujukan yang jumlah besar dari berbagai pemikiran orang-orang lainnya. Daftar pustaka juga digunakan sebagai ucapan terima kasih untuk penyumbang data penelitian. Selain itu, daftar pustaka juga dapat mendorong pembaca yang ingin mencari tahu lebih dalam soal topik atau permasalahan tertentu dalam sebuah karya ilmiah.

Jika menulis suatu daftar pustaka, Sobat sakit kepala tidak bisa mengerjakannya secara sembarangan. Penulisannya harus berdasarkan putuskan yang sudah diterapkan dan diberlakukan secara umum. Inilah mengapa ada sebuah panduan tentang cara mengembangkan daftar pustaka. Di bawah ini adalah beberapa duduk dalam penilaian umum tentang bagaimana cara menulis daftar pustaka, silakan disimak!

Nama penulis ditulis paling awal. Nama belakang atau nama keluarga ditulis terlebih dahulu, diikuti dengan tanda koma (,). Setelah itu, cantumkan nama depan dan tengah penulis buku tersebut. Jika buku tersebut merupakan karya dari dua penulis atau lebih, hanya penulis pertama yang urutan namanya dibalik. Penulis kedua dan seterusnya berada setelahnya, dengan urutan yang sederhana nama aslinya.

Penulisan tahun terbit di urutan setelah nama penulis dari buku yang digunakan sebagai daftar pustaka. Jangan terkecoh mengenai angka tahun cetakan awal sebab bisa saja buku yang dipakai merupakan cetakan kedua, ketiga, ataupun terakhir.

Bagian terakhir dalam penulisan daftar pustaka sebuah buku adalah mencantumkan kota penerbitan dan nama penerbit yang mencetak buku tersebut. Dahulukan penulisan nama kota, tambahan diikuti dengan nama penerbit yang dibatasi dengan tanda titik dua (:).

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah tanda batas dari tiap urutan. Pastikan untuk menggunakan tanda berhenti (.) sebagai pembatas dari urutan nama, tahun terbit, judul buku, hingga kota dan nama penerbit.

Data Buku:Judul                        : Family Medical Care Volume 4Penulis                     : Dr. John F. KnightPenerbit                   : Indonesia Publishing HouseKota Penerbit           : BandungTahun Terbit             : 2001

Tidak berbeda linglung dengan penulisan dari sumber berupa buku, yang perlu dicantumkan dalam daftar pustaka dari artikel dalam jurnal, skripsi, dan makalah adalah nama penulis, tahun terbit, judul artikel, kota, dan nama penerbit. Hanya saja, ada perbedaan penulisan untuk beberapa urutan tersebut, yakni sebagai berikut.

Pastikan nama yang Sobat tulis dalam daftar pustaka adalah penulis artikelnya, bukan editor dari jurnal, koran, ataupun majalah yang menjadi sumber referensi.

Penulisan judul tidak menggunakan format italic, melainkan tegak pendek tajam dengan pemberian tanda kutip () pembuka dan penutup. Setelah itu, lanjutkan dengan penulisan sumber jurnal ataupun majalah yang memuat artikel tersebut. Penulisan nama jurnal, majalah, atau koran dalam cetak miring. Kutipan nomor halaman artikel yang dimuat ditulis dalam tanda kurung [()].

Data Artikel:Judul Jurnal          : Sirok Bastra: Jurnal Kebahasaan dan Kesastraan Volume 1Judul Artikel       : Bahasa Indonesia dalam Informasi dan Iklan di Ruang    Publik Kota PangkalpinangPenulis                 : Umar SolikhanPenerbit               : Kantor Bahasa Provinsi Bangka Belitung Kementerian Pendidikan dan KebudayaanKota Terbit            : PangkalpinangTahun Terbit          : 2013

Solikhan, Umar. 2013. Bahasa Indonesia dalam Informasi dan Iklan di Ruang Publik Kota Pangkalpinang dalam Sirok Bastra: Jurnal Kebahasaan dan Kesastraan Volume 1 (hlm. 123-129). Pangkalpinang: Kantor Bahasa Provinsi Bangka Belitung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Selain artikel cetak, tidak jarang seseorang menerima sumber tulisannya dari artikel-artikel di internet (dalam jaringan/daring/online). Untuk penulisan daftar pustaka dari internet seperti ini, urutannya adalah sebagai berikut:

Di bagian akhir, jangan lupa mencantumkan waktu pengambilan artikel daring itu secara lengkap, yakni tanggal dan jam saat artikel tersebut diakses untuk dijadikan sebagai sumber referensi.

Selain urutan, masalah tanda batas dalam daftar pustaka artikel internet/daring agak berbeda dengan penulisan dari sumber cetak. Tanda menghilang (.) sebagai batas hanya energik untuk mengakhiri nama penulis dan tahun penayangan. seni pertunjukan itu, pembatasan dari judul ke URL dan dari URL ke waktu pengambilan data berupa tanda koma (,).

Data Artikel:Judul                     : Inikah Dampak Mematikan Pemanasan Global?Penulis                  : Jeko Iqbal RezaTanggal Tayang    : 29 Agustus 2015Waktu Akses        : 10 Februari 2016, pukul 10.27URL                    : http://tekno.liputan6.com/read/2304179/inikah-dampak-mematikan-pemanasan-global

Nah, Sobat segitu dulu ya pembahasan materi Daftar Pustaka yang kelengkapannya bisa banget dibaca dalam fitur Belajar menyengat menyebabkan ketidaknyamanan yang ada di aplikasi.


Cara Menulis Daftar Pustaka Secara Otomatis di Microsoft

Cara Menulis Daftar Pustaka | SMK Negeri 1 Perhentian Raja

Cara Penulisan: Knight, John F. 2001. Family Medical Care Volume 4. Bandung: Indonesia Publishing House. Penulisan Daftar Pustaka dari Artikel dalam Jurnal,‚  SMK Negeri 1 Perhentian Raja - Pernah mendengan istilah plagiat? Situasi ini bisa dikreditkan karena penulis tidak mencantumkan sumber asli dari bahan tulisan yang dibuatnya. Dalam dunia kutu buku pun, bisa saja terjebak dalam keadaan ini jika tidak berbakat menuliskan sumber referensi dari makalah yang dibuat dengan cakap terampil dan benar.

Walaupun terkesan mudah, nyatanya masih banyak yang kejernihan menerima penulisan daftar pustaka yang otentik dalam akhir tulisannya. Tanda masuk dan urutan selama penulisannya menjadi momok yang mengembangkan seseorang terburu malas untuk mencantumkan berbagai referensi sumber dari tulisannya.

Supaya tidak dicap sebagai plagiat dan dapat menuliskannya secara tepat, berikut ini panduan cara menulis daftar pustaka yang sempurna mudah dijangkau dengan jenis sumber yang dipakai.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menulis daftar pustaka dari sumber buku. Namun, hal paling utama adalah menangani fokus urutan dan tanda bacanya. Berikut adalah urutan sebuah referensi dari buku.

Nama penulis ditulis paling awal. Ingatlah untuk selalu menuliskan nama belakang penulis terlebih dahulu, kemudian dilanjutkan dengan tanda koma (,) setelah itu cantumkan nama perut dan tengah penulis buku tersebut. Jika buku tersebut merupakan karya dari dua penulis atau lebih, hanya penulis pertama yang urutan namanya dibalik. Penulis kedua dan seterusnya berada setelahnya dengan urutan yang mudah dipahami nama aslinya. Jika di wilayah sekitar buku tersebut nama penulis dicantumkan diselesaikan dengan gelar pendidikan atau gelar lain, gelar-gelar tersebut tidak perlu dituliskan.

Setelah nama, cantumkan tahun terbit dari buku yang teman-teman gunakan sebagai referensi. Jangan terkecoh vis-Ð -vis angka tahun cetakan awal sebab bisa saja buku yang kamu pakai merupakan cetakan kedua, ketiga, ataupun terakhir.

Bagian terakhir dalam penulisan daftar pustaka sebuah buku adalah mencantumkan kota penerbitan dan nama penerbit yang mencetak buku tersebut. Dahulukan penulisan nama kota, lebih lanjut tambahan diikuti dengan nama penerbit yang dibatasi dengan tanda berhenti dua (:).

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah tanda batas dari tiap urutan. Pastikan teman-teman menggunakan tanda menghilang (.) untuk membatasi urutan nama, tahun terbit, judul buku, hingga kota dan nama penerbit.

Data Buku:Judul     : Family Medical Care Volume 4Penulis                 : Dr. John F. KnightPenerbit              : Indonesia Publishing HouseKota Penerbit    : BandungTahun Terbit      : 2001

Tidak berbeda jauh dengan penulisan dari sumber berupa buku, teman-teman pun perlu mencantumkan nama penulis, tahun terbit, judul artikel, hingga kota dan nama penerbit. Hanya saja, ada perbedaan penulisan untuk beberapa urutan tersebut, yakni sebagai berikut.

Pastikan nama yang teman-teman tulis dalam daftar pustaka artikel tersebut adalah penulis artikelnya, bukan editor dari jurnal, koran, ataupun majalah yang menjadi sumber referensi.

Dahulukan penulisan judul artikel yang menjadi sumber referensi. Penulisan tidak dengan format italic, melainkan tegak lurus dengan pemberian tanda kutip () pembuka dan penutup. Setelah itu, lanjutkan dengan penulisan sumber jurnal ataupun majalah yang memuat artikel tersebut. Penulisan nama jurnal, majalah, atau koran tambahan dicetak miring. Ikutkan di halaman berapa artikel tersebut dimuat yang ditulis dalam tanda kurung [()].

Data Artikel:Judul Jurnal        : Sirok Bastra: Jurnal Kebahasaan dan Kesastraan Volume 1Judul Artikel       : Bahasa Indonesia dalam Informasi dan Iklan di Ruang Publik Kota PangkalpinangPenulis                 : Umar SolikhanPenerbit              : Kantor Bahasa Provinsi Bangka Belitung Kementerian Pendidikan dan KebudayaanKota Terbit          : PangkalpinangTahun Terbit      : 2013

Cara Penulisan:Solikhan, Umar. 2013. Bahasa Indonesia dalam Informasi dan Iklan di Ruang Publik Kota Pangkalpinang dalam Sirok Bastra: Jurnal Kebahasaan dan Kesastraan Volume 1 (hlm. 123-129). Pangkalpinang: Kantor Bahasa Provinsi Bangka Belitung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Selain artikel cetak, tidak jarang seseorang menoleransi sumber tulisannya dari artikel-artikel di internet (dalam jaringan.daring/online). Untuk penulisan daftar pustaka dari internet seperti ini, urutannya adalah sebagai berikut:

Di bagian akhir, jangan lupa mencantumkan waktu pengambilan artikel daring itu secara lengkap, yakni tanggal dan jam saat kamu mengunduh ataupun menjadikannya referensi.

Selain urutan, masalah tanda batas dalam daftar pustaka artikel internet/daring agak berbeda dengan penulisan dari sumber cetak. Tanda berhenti (.) sebagai batas hanya antusias untuk mengakhiri nama penulis dan tahun penayangan. seni pertunjukan itu, pembatasan dari judul ke URL dan dari URL ke waktu pengambilan data berupa tanda koma (,).

Data Artikel:Judul                     : Inikah Dampak Mematikan Pemanasan Global?Penulis                 : Jeko Iqbal RezaTanggal Tayang : 29 Agustus 2015Waktu Akses      : 10 Februari 2016, pukul 10.27URL                        : http://tekno.liputan6.com/read/2304179/inikah-dampak-mematikan-pemanasan-global

SMK Negeri 1 Perhentian Raja, Praktik per bentuk industri (Prakerin), jurusan agribisnis perikanan air tawar (APAT), telah dilaksanakan awal Januari 2020 s/d April 2020. Kegiatan praker

Cara Penulisan Gelar  Dalam penulisan gelar masih sama satu kelompok dengan pemahaman dalam penulisan singkatan. Singkatan sendiri adalah kependekan yang berbentuk huruf ata

Sistematika Penulisan Prakerin Bacalah dengan seksama format penulisan prakerin SMK Negeri 1 Perhentian Raja Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan berikut ini..Sistematika Penu

Berikut adalah daftar pembimbing Prakerin Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan SMK Negeri 1 Perhentian Raja T.P 2019/2020.PEMBIMBING PRAKERIN JURUSAN TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGANN


Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Buku, Jurnal, Skripsi, Artikel

22 Sep 2021 Secara umum berikut ini adalah format penulisan daftar pustaka dari buku : Nama Belakang, Nama Depan. (Tahun). Judul Buku. Kota: Penerbit Buku.

Cara Menulis dan Contoh Daftar Pustaka Paling tetap - Katadata

9 Des 2021 Struktur penulisannya: Nama penulis. Tahun terbit. Judul Buku. Kota terbit: Penerbit. Contoh penulisan daftar pustaka: Badudu, J.S. 1993. Inilah‚ 

Cara Menulis Daftar Pustaka dari Buku, Jurnal, hingga Internet

31 Des 2021 Daftar pustaka adalah daftar yang berisi sumber bacaan yang dijadikan rujukan penulis dalam mengembangkan karya ilmiah. Format penulisan daftar‚ 

Cara Menulis Daftar Pustaka dari Buku, Jurnal, dan Internet

28 Nov 2021 Berikut adalah cara menulis daftar pustaka yang benar dari buku, jurnal, dan internet. resolusi dengan penjelasan yang untuk digunakan dipahami!

Cara Menulis Daftar Pustaka dan Contohnya, Lengkap! - Ruangguru

25 Des 2021 1. Cara menulis daftar pustaka yang bersumber dari buku Jika kamu menggunakan referensi dalam bentuk buku, format daftar pustaka yang harus‚ 

Bagaimana cara menulis Daftar Pustaka berdasarkan Badan

Berikut adalah cara penulisan daftar pustaka yang lazim digunakan dalam penulisan karangan ilmiah. Tulis tajuk daftar pustaka dengan menggunakan huruf kapital‚ 

Cara mengembangkan Daftar Pustaka Otomatis, Mudah dan Rapih

5 Agu 2021 Cara mengembangkan Daftar Pustaka Otomatis di Word ‚ Buka arah Microsoft Word yang akan diberi daftar pustaka. ‚ pada subjek dengan mengacu pada menu bar, klik menu ¢€œReferences‚ 

Cara membuat memproduksi Daftar Pustaka dari Sumber Buku - Tirto.ID

Cara membangun Daftar Pustaka dari Buku ‚ 1. Nama penulis ‚ 2.‚  cara+menulis+daftar+pustaka+dari+buku
cara+menulis+daftar+pustaka+dari+jurnal
cara+menulis+daftar+pustaka+jurnal
cara+menulis+daftar+pustaka+dari+skripsi
cara+menulis+daftar+pustaka+dari+internet
cara+menulis+daftar+pustaka+dari+internet+tidak+ada+nama+pengarang
cara menulis daftar pustaka
cara menulis daftar pustaka dari artikel
cara menulis daftar pustaka dari website
cara menulis daftar pustaka nama pengarang 3 kata

Kesimpulan

Berikut artikel tentang - cara menulis daftar pustaka Semoga Bermanfaat, Terimakasih sudah berkunjung di Website NinoPedia

cara agar cepat haid,cara agar laptop tidak lemot,cara agar tidak ngantuk,cara agar cepat tidur,cara aktivasi windows 10,cara ambil uang di atm,cara agar cepat hamil,cara agar rambut tidak mengembang,cara aktivasi akun belajar.id,cara agar hidung tidak tersumbat,menulis aksara jawa,menulis alamat di amplop,menulis arab online,menulis artikel,menulis amplop lamaran kerja,menulis alamat paket,menulis adalah,menulis alamat dalam bahasa inggris,menulis artikel dibayar,menulis arab di word,daftar akun ltmpt,daftar antigen dr oen,daftar akun google,daftar agen sicepat,daftar akun moonton,daftar affiliate shopee,daftar akun microsoft,daftar apple id,daftar akun vk,daftar akta kelahiran online,pustaka adalah,pustaka al kautsar,pustaka arafah,pustaka azzam,pustaka aysha,pustaka al khoir,pustaka artinya,pustaka al wadi,pustaka alvabet,pustaka at taqwa


Share:

Latest Post

Random Posts

Trending

Text

Baca Juga :

About US

Label

Arsip Blog

Featured Post

Cara Masuk Ke Hp Oppo Yang Terkunci Berikut Penjelasannya | NinoPedia.com

cara baca hp oppo yang terkunci NinoPedia.com - cara masuk hp oppo yang terkunci 3 Cara masuk Pola HP OPPO...